PESONA GUNUNG ANAK KRAKATAU (D1)

Setelah beberapa kali menunda ajakan trip dari temen, akhirnya aku bisa ngetrip juga #Alhamdulillah. Berawal dari iseng-iseng nyari open trip bulan november, gak sengaja ketemu trip Gunung Anak Krakatau yang diadakan oleh Ants Tour. Open trip tersebut dari tanggal 21-23 November. Dengan biaya Rp 450.000 meeting point di Pelabuhan Merak. Tapi untuk kami yang berasal dari palembang, dapet potongan harga karena kami bertemu di Bakauheni.

Seperti biasa, dengan cara gembel hemat naik kereta ekonomi jurusan Kertapati - Tanjung Karang dengan tiket sebesar Rp 37.500, lanjut naik bus dari terminal Rajabasa ke Pelabuhan Bakauheni dengan tarif Rp 30.000. Sampai di pelabuhan sekitar jam 12 malam. Kami segera tidur di ruang lesehan sembari menunggu rombongan dari  Jakarta tiba di pagi hari.

Oh ya hampir lupa, kami rombongan Palembang
berjumlah 7 orang, terdiri dari aku, Mb, Iqbal, Made dan Habibie, lalu dua cewek yaitu Dini dan Kak Dita. Sehabis trip Krakatau, kami yang cowok lanjut ke Pulau Jawa.

Sekitar jam 5 subuh, rombongan Jakarta tiba di Bakauheni. Langsung saja kami berkenalan satu sama lain untuk mengakrabkan diri. Kebanyakan rombongan mereka didominasi oleh cewek. Hahaha. Tak terduga kami semua harus menambah biaya sebesar Rp 50.000 karena adanya kenaikan harga transportasi yang akan kami pakai.

Angkot yang akan mengantar kami sudah menunggu di depan pelabuhan sebanyak dua angkot. Dibagi menjadi dua rombongan, kami langsung menuju ke Dermaga Canti di Kalianda.

Sesampainya di Dermaga Canti, kami disuguhi sarapan pagi dan kemudian berganti pakaian untuk basah-basahan. Serta memilih alat snorkling yang bagus. Penyewaan snorkling ini terpisah dari biaya trip.

Tujuan utama kami yaitu pantai di Pulau Sebuku Kecil.

Selanjutnya snorkling di Pulau Sebuku Besar. Terumbu karang di sini besar-besar semua, disertai makhluk-mahkluk bawah laut yang berwarna-warni. Namun sayang ikan di sini sedikit sekali yang berada di dekat kami. Kebanyakan mereka bersembunyi dan berkumpul di tempat yang lebih dalam.

Puas bersenorkling ria di spot yang pertama, kami berlanjut ke Pulau Sebesi. Di pulau inilah tempat kami menginap. Homestay cowok dan cewek dipisahkan di rumah yang bersebelahan. Beruntungnya kami berlima mendapat tempat di lantai 2, lebih bersih dak tidak ada aroma buah kakao seperti di lantai 1.

Jam 2 siang kami berangkat lagi menuju spot snorkling yang kedua, aku lupa di deket mana. Yang pasti terumbu karang dan ikan di sini lebih banyak dari spot snorkling di Pulau Sebuku Besar.

Setelah snorkling, tempat yang kami kunjungi selanjutnya yaitu Pulau Umang. Di sini kami menunggu sore hingga sunset datang. Namun sayang sunsetnya gak datang-datang, mungkin dia sedang sibuk, kemudian langit tertutup awan mendung. Luas pulau ini sangat kecil, jadi mudah dan tidak capek untuk mengeksplornya.

Magrib pun datang, saatnya teletubbies berpisah kami kembali ke Pulau Sebesi, mandi, sholat magrib, istirahat dan makan ikan bakar yang rasanya maknyusss banget gan. Ada 2 ikan tenggiri seukuran betis orang tampan seperti saya, disiram sambel kecap pedas..hmmm. Rugi banget yang gak sempet nyicip ikan ini. Aku berlima temen jadi eksekutor tukang ngabisin ikan.. Yang lain sudah pada nyerah semua. hahaha

#berlanjut ke part 2

rizkinof

Seorang entrepreneur yang doyan keliling Indonesia..